Negara Maju vs Negara Berkembang


Ketika saya sedang mengambil waktu senggang untuk nongkrong sejenak di dekat jalan, atau saat yang lain dimana saya mendapatkan waktu sedikit banyak untuk memperhatikan jalanan, saya selalu bertanya dalam benak saya, kenapa di Indonesia – negara berkembang – lebih banyak orang memilih sepeda motor sebagai kendaraan mereka ketimbang mobil. Kalau dibandingkan dengan negara maju, hampir tidak ada sepeda motor di jalanan kota, kecuali motor gede(MoGe).

Dibanyak kesempatan di sebuah tayangan televisi atau di film dari negara maju, tidak pernah saya menemukan anak remaja yang beranjak muda menabung untuk membeli sepeda motor, yang adalah mereka bekerja menabung untuk membeli mobil, entah itu jeleknya seperti apa tapi bukan sepeda motor tetapi mobil. Berbeda dengan negara kita, di jalanan lebih banyak sepeda motor ketimbang mobil apalagi sepeda, apalagi pejalan kaki.

Apakah ini ada perbedaan pola pikir orang-orang di negara berkembang dan negara maju? Apakah karena di negara berkembang masih banyak kemacetan – contoh konkret Jakarta – sehingga mobil dipandang sebagai alat transportasi yang tidak efisien waktu, karena pasti terjebak kemacetan, tidak seperti sepeda motor yang bisa selip sana selip sini?? Saya masih belum menemukan jawaban yang tepat, bahkan untuk pikiran saya sendiri saya belum menemukan jawabannya😀 Anda punya jawabannya? share di sini🙂

One thought on “Negara Maju vs Negara Berkembang

  1. Yoyo Imut

    Perbedaan harga, di Jepang dan di US harga mobil kira-kira 50% mobil di Indonesia, dengan harga segitu pendapatan perkapita Jepang dan US berkali-kali lipat dari Indonesia.
    Contoh: Toyota Corolla di Jepang harga sekitar 1.5 juta yen (150 juta rupiah) sedangkan di Indonesia kisaran 300 juta rupiah (padahal dari segi keamanan, versi Indonesia ini sudah dipretelin habis2an)

    Hehe

    Reply

Leave a Reply

