Teknologi vs Moral


Siapa tidak senang dengan perkembangan teknologi? Siapa tidak senang hidup menjadi lebih mudah dengan adanya teknologi?  telepon, ponsel, Internet, dll yang merupakan buah teknologi. Setiap hal dalam dunia ini selalu datang dengan dua sisi, sisi baik dan sisi tidak baik, sama halnya dengan koin.

Suatu ketika saya dan rekan saya pergi ke sebuah tempat yang kami belum pernah tahu dimana, tujuan kami adalah mencari informasi tentang Udang. Setelah bertanya pada beberapa orang, akhirnya kami sampai di tempat yang kami tuju, dan informasi tentang Udang yang kami cari tidak kami dapatkan. Yang mengejutkan adalah, informasi lain yang kami dapatkan. Adalah suatu tempat, pantai yang rimbun dengan banyak tanaman di pesisirnya. Ketika kami bertanya mengenai Udang, bla..bla..bla.. dan ternyata informasi yang kami cari tidak kami dapatkan. Informasi lain yang mengejutkan adalah banyak pasangan muda-mudi yang datang ke pantai tersebut melakukan “perbuatan” tidak selayaknya dilakukan(pasti Anda tahu maksud saya, ya betul, hubungan suami istri). Bahkan seorang petugas keamanaan yang kami ajak bicara mengiyakan hal tersebut. Banyak muda-mudi yang sering “melakukannya” di sana, yang paling membuat saya terkejut adalah bukan hanya muda-mudi yang sudah cukup umur, dalam artian sudah dewasa, tapi juga anak-anak remaja SMP, SMA!!! Oh my God!! Saya tidak akan membahas ini lebih lanjut, karena poin utamanya adalah bukan itu😀

Dalam perjalanan pulang, saya sempat bertanya-tanya dalam benak saya?? Apa penyebabnya?? Kemudahan mengakses informasi(lewat Internet)?? Kurangnya pengawasan orang tua?? atau apa?? Kemudian saya mengambil kesimpulan sederhana, mungkin karena tempat tersebut bisa dibilang desa yang sudah banyak mendapat masukkan teknologi, dan teknologi mungkin menjadi sesuatu hal yang baru bagi mereka, atau bisa dikatakan mereka adalah ‘remaja’ dalam hal teknologi. Selain mereka adalah ‘remaja’ dalam teknologi, mereka juga adalah remaja yang sedang banyak ingin tahu akan segalanya, mengeksplorasi segalanya, dan tentunya juga dalam hal seks. Jadilah tindakan yang tidak sepatutnya belum mereka lakukan dan mereka melakukannya. Ini hanya kesimpulan sederhana saya.

Saya sangat setuju bahwa perkembangan teknologi juga harus diimbangi dengan perkembangan moral si pengguna teknologi tersebut. Saya tidak dapat membayangkan apa jadinya jika secara terus-menerus perkembangan teknologi berjalan berlawanan dengan perkembangan moral penggunanya. Teknologi semakin tinggi dan moral penggunanya semakin rendah. Mari kita menjadi pribadi yang selalu menggunakan teknologi dengan bijak, menjadi manusia yang bermoral untuk kebaikan kita bersama🙂 Pertanyaan selanjutnya adalah siapa yang bertanggungjawab untuk semuanya itu??

Leave a Reply

