Tugas Akhir


Puji Tuhan, akhirnya tahap akhir dalam pembelajaran saya di Perguruan Tinggi berakhir,  hanya tertinggal revisi laporan dan ada tambahan sedikit program. Tepatnya tanggal 17 Juni kemarin saya dinyatakan LULUS dalam menempuh Tugas Akhir/Skripsi saya🙂

Penelitian apa yang saya lakukan di Tugas Akhir saya? Inilah jawabannya😀
Saya melakukan penelitian dengan topik Information Retrieval pada blog, dengan meneliti tingkat tingginya recall yang dihasilkan. Sistem yang saya buat adalah sistem yang dapat melakukan indexing artikel blog beserta metadatanya dan juga dapat melakukan pencarian artikel, yang kemudian dapat diketahui tingkat recallnya🙂

Honestly, banyak sekali hambatan yang saya dapatkan ketika mengolah data artikel blog ini, mulai dari perlakukan terhadap formatnya, kemudian karakter-karakter khusus dalam penulisan, gambar, dll. Memang semuanya tidak dapat tercakup tapi setidaknya beberapa masalah yang umum yang muncul dapat teratasi🙂

Buat rekan-rekan yang bingung mencari judul penelitian skripsi yang mengambil bidang ilmu informatika, atau ilmu komputer, atau sistem informasi, dll yang berkaitan dengan komputer, mengekplorasi topik Information Retrieval saya kira masih banyak ide-ide yang dapat dimanfaatkan dari topik ini untuk penelitian, tentunya jika Anda tertarik dengan topik Information Retrieval😀

2 thoughts on “Tugas Akhir

  1. Daniel Susanto Post author

    Mahasiswa tingkat akhir ya?? hehe

    Information Retrieval banyak lingkupnya g cuma di blog saja, masih banyak yang lainnya, cari literasi aja, siapa tahu kamu tertarik dan ada ide dari situ…

    yang penting jangan diam saja, baca, tanya, explorasi..karena dari situ datang ide🙂

    Reply

Leave a Reply

