Celeroo Frame – PHP Framework


Beberapa bulan terakhir ini saya sedang menyempatkan diri untuk mencicipi programming PHP dengan menggunakan framework yang MVC. Walaupun Tugas Akhir saya menggunakan Java dan Servlet tapi saya juga tertarik untuk belajar PHP lebih lagi😀. Framework pertama yang saya kenal adalah CodeIgniter(CI) yang menurut saya mudah digunakan dan dengan dukungan user guide yang lengkap saya rasa sangat menyenangkan berlajar CI ini. Beberapa waktu yang lalu seorang teman saya Leo, membagikan sebuah framework lain yang lebih kecil lagi ukurannya dari CI, dia adalah Celeroo Frame. Ukuran filenya sangat kecil tidak sampai 200KB. Sangat kecil sekali bukan untuk ukuran framework🙂. Hari ini saya mencoba memcicipi Celeroo Frame ini, kesan pertama yang saya dapatkan adalah simple. Sangat sederhana sekali menggunakan Celeroo, code line nya pun dapat dibilang sangat sederhana. Controller nya menggunakan prosedural programming, jadi bagi Anda yang belum mengenal Object Oriented Programming tidak menjadi masalah😀

Menurut saya ada beberapa hal yang menjadi ganjalan bagi saya ketika menggunakan Celeroo:

  • Proses instalasi awal harus menggunakan database, hal ini dikarenakan ada variable yang harus disimpan dalam table di database. Sampai saat ini saya belum tahu apakan Celeroo ini bisa digunakan tanpa menggunakan database. Seharusnya bisa dengan mengganti tempat penyimpanan variable tersebut.
  • Pada waktu proses instalasi, ada isisan untuk memasukkan username dan password untuk admin. Nah ini juga saya kurang tahu persisnya untuk apa, selain untuk mengganti variable SITE_URL di database.
  • Views di Celeroo disarankan menggunakan file .htm atau file .html walaupun file lain seperti .php juga diperbolehkan. Saya kurang tahu alasan pastinya mengapa demikian, sedangkan di CI semua file adalah file .php.

Well, itulah yang saya dapatkan ketika awal ini menggunakan Celeroo Frame, bisa menjadi framework alternatif lain jika kita hendak belajar atau mengembangkan web applications. Selamat belajar dan belajar🙂

Leave a Reply

