Via Chrome9 HC IGP di Ubuntu 8.04


Setelah sudah memantapkan hati untuk menggunakan Ubuntu 8.04, saya kemaren baru-baru ini iseng-iseng googling mencari driver untuk vga Via Chrome9 HC IGP yang dari dulu saya cari-cari tidak pernah cocok. Kemarin saya mendapatkan link di viaarena.com yang menyediakan driver untuk vga saya. Cukup lengkap driver yang disediakan diantaranya untuk Fedora, Debian, Ubuntu dll.

Instalasi drivernya pun sangat mudah, hanya mengeksekusi satu file saja dan untuk mengaktifkan efek 3D nya cukup mengedit file compiz di /usr/lib/compiz. Tutorial instalasi dan keterangan lain juga diberikan di file README nya. Link download di sini.

Di Laptop saya, driver ini berjalan dengan baik dan efek 3D nya juga bisa dijalankan dengan baik, hanya pada instalasi default nya resolusi layar yang diberikan adalah standar 1024×768 sehingga perlu sedikit melakukan edit di file /etc/X11/xorg.conf nya untuk menjadikan resolusi 1280×800 (widescreen 14″).

Semoga membantu rekan-rekan yang memiliki vga dari Via sama seperti saya.🙂

4 thoughts on “Via Chrome9 HC IGP di Ubuntu 8.04

  1. Dwi

    bisa lebih detail lagi gak mas..
    soalnya saa juga mempunyai masalah dengan VGA yang sama dengan punyanya mas..

    saya udah download drivernya..
    tapi tetep aja gk bisa mas efek 3D compiznya..

    Reply
  2. Daniel Susanto Post author

    detail bagaimana maksudnya ya??😀
    driver sudah didownload? sudah diinstall? parameter di /usr/lib/compiz sudah diganti??

    banyak pertanyaannya…hehehe😀

    Reply
  3. Dwi

    Udah mas..
    udah sesuai dengan README yang ada di dalam driver tersebut..
    compiznya juga sudah saya edit dengan menambahkan kata via didalam whitelist..
    tapi begitu menngunakan desktop effects xservernya restart terus mas..
    kembali lagi ke menu login..
    dan hal itu selalu terjadi saat saya mengubah desktop effects dari none ke normal atau extra..

    padahal VGA saya menurut perintah lspci disebutkan VIA CHROME 9 HC IGP (CN896,VX896,PM4900)..

    bisa bantu mas…

    Reply
  4. Daniel Susanto Post author

    hmmmm…kok bisa gitu ya, mungkin memang ada yang tidak support kali ya, soalnya di tempat saya ternyata juga tidak sempurna, memang bisa menjalankan effect 3D nya bagus, tetapi tidak kuat jika ada aplikasi yang berat jalan, misalkan waktu jalanin Synaptic gt, dia langsung balik lagi ke None tidak ada effect 3D nya. itu aja yang bisa saya informasikan…😀

    Reply

Leave a Reply

