Merasakan Kembali Ubuntu 8.04


Kemaren tepatnya saya mengalami yang namanya kebuntuan untuk berfikir untuk mengerjakan skripsi saya. Seharian penuh saya tidak dapat berfikir untuk menuangkan ide ke dalam laporan skripsi. Hari itu saya putuskan untuk mencari beberapa literasi untuk mendukung teori, cari buku, browsing cari jurnal-jurnal. Beberapa buku dan jurnal yang saya temukan juga tidak langsung saya baca, hanya saya simpan saja.

Alhasil sampai pukul 21.00 WIB, karena sangking suntuknya akhirnya saya putuskan untuk tidur, siapa tahu bisa tidur😀 dan ternyata saya tidak bisa tidur juga karena pikiran tidak tenang. Muncul pikiran iseng untuk mencoba install kembali Ubuntu di Laptop saya. Mengapa mencoba kembali? karena memang dulu pernah dan gagal, muncul PCI : BIOS BUG #81[00000000] found dan layar menjadi blank hitam. Beberapa kali mencoba tetap saja seperti itu, akhirnya saya putuskan untuk mencoba distro lain. Ketika saya install kali ini, saya mengubah pilihan mode (F4) di awal ketika muncul pilihan untuk install atau try live cd. Tanpa saya tahu sebelumnya bahwa cara ini bisa dilakukan dan akhirnya saya install Ubuntu di Laptop saya.

Selesai instalasi bukan berarti masalah selesai. Driver grafik di laptop saya adalah VIA Chrome 9 HC IGP yang saya tahu sulit untuk mencari drivernya. Akhirnya yang saya konfigurasi terlebih dahulu adalah modem Sierra 881 untuk bisa koneksi ke Internet, puji Tuhan dengan wvdial modem Sierra saya dapat langsung koneksi Internet. Googling sana-sini akhirnya saya menemukan artikel ini, yang membahas Chrome 9 HC IGP di Ubuntu. Saya hanya membaca bagian atas dari artikel tersebut dan kemudian saya konfigurasi sendiri di /etc/X11/xorg.conf. Beberapa kali sempat gagal, namun akhirnya berhasil juga setelah mengganti Driver dengan “via”, Ubuntu meminta untuk mengkonfigurasi ulang resolusi dan driver grafiknya, sehingga berhasil mencapai resolusi 1280×800.

Senang juga akhirnya bisa kembali menggunakan GNOME😀

Leave a Reply

