Belajar CodeIgniter


Beberapa hari belakangan ini saya belajar sebuah framework pemrograman web dengan PHP yaitu CodeIgniter(CI). Berbekal pemahanan PHP yang tidak begitu expert dan pola pikir object-oriented, mulailah saya belajar CI dari User Guide yang disertakan setiap kali kita download CI dan beberapa website yang membahas CI. Awalnya saya cukup heran dengan apa yang bisa dilakukan dengan CI ini, karena memang selama ini belum pernah memakai framework apapun, hanya membaca dan mengerti arsitektur MVC namun belum pernah merasakan sendiri…:D. Yang saya suka adalah susunan/ strutur nya rapi sehingga memberi pelajaran juga pada kita untuk belajar rapi dalam coding…:)

Rencana saya akan menggunakan framework ini untuk mengerjakan Tugas Akhir saya, belum tahu boleh apa tidak..:D tapi semoga saja diperkenankan jadi saya lebih bisa mendalami lagi..hehe. Sekalian dicampur dengan JQuery untuk operasi Ajax dan UI nya…sepertinya keren…hehe.😀😀

Silahkan kunjungi Latihan Pemrograman untuk lebih detailnya.

8 thoughts on “Belajar CodeIgniter

  1. maya

    Mas, saya juga “disuruh” bikin tugas akhir pakai CI, saya bingung mas!!!kebanyakan tutorial yang saya dapa cuma ajarin fungsi dasar, kalau yang basic website ada tidak ya????mhon bantuannya!!!!!!!!!saya mau bikin webite kecil – kecilan cuma nampilin nama jalan disurabaya tapi ketika diklik muncul suara!!!!

    Reply
    1. Daniel Susanto Post author

      basic website yang bagaimana ya mba maya? kalau basicnya CI kan ada di user guide atau video dari CodeIgniter.com.

      untuk tugasnya, menurut saya bisa dikerjakan begini: simpan semua daftar nama jalan di surabaya ke dalam database, kemudian ambil semua/sebagian (tergantung spesifikasi tugas) lalu tampilkan di View. Untuk play sound nya bisa pakai plugin jQuery, silahkan lihat di http://plugins.jquery.com/project/sound

      semoga membantu
      salam 🙂

      Reply

Leave a Reply

