Performa vs Tampilan.


Performa dan tampilan menurut saya adalah dua bagian yang sangat sulit untuk digabungkan, sejauh pengalaman saya kedua bagian tersebut selalu bertolak belakang. Artinya jika ingin performa yang bagus(respon yang cepat, proses cepat), maka tampilan harus diminimalkan agar mendukung performa, begitu juga jika tampilan yang lebih diutamakan maka performa secara otomatis akan menurun.

Pengalaman saya mengembangkan sistem berbasis web dengan HTML, JavaScript dan PHP, membuktikan hal tersebut di atas. Contoh sederhana adalah untuk konfirmasi, alert, dan memunculkan dialog kepada pengguna. Jika menggunakan yang seadanya, tanpa tampilan yang bagus, hanya standar saja dengan fungsi yang dimiliki JavaScript (“window.confirm(), window.alert()”) maka performa sistem akan jauh lebih cepat, tapi dengan tampilan yang sangat tidak memuaskan mata…:D
Kemudian saya mengubah tampilan dengan sedikit banyak yang saya customize dengan jQuery UI, tampilan memang saya akui sangat memuaskan mata, namun performa di browser sangat tidak memuaskan hati, alias lambat sekali.😀

Setali tiga uang dengan Operating Sistem(OS), jika kita memilih tampilan dengan segala efek dan animasinya supaya kelihatan bagus, tapi performa OS terlihat menjadi lambat dengan adanya efek dan animasi tersebut. 

Kalau sudah demikian yang ada hanya bingung untuk memilih mana yang akan kita dahulukan, performa atau tampilan, atau performa dan tampilan dengan pembagian yang rata. Semua tinggal kita yang memilih dan kalau saya pribadi bingung untuk memilih bagian mana yang harus ditonjolkan. Silahkan dengan pilihan Anda.🙂

Leave a Reply

