Membangun Sistem:Pertimbangkan matang-matang


Sekedar share aja, semester ini(semester 7) saya mengambil Kerja Praktek, dimana kita diharuskan untuk membangun sistem bagi instansi, perusahaan, atau yang lainnya. Sistem yang akan saya kerjakan ini adalah sebuah Sistem Informasi yang berbasis web dan sudah dibuat prototype nya dalam Java Server Pages + Oracle XE database. Dilema bagi saya muncul ketika saya akan menlanjutkna prototype tersebut dengan Java Server Pages + Oracle XE database juga. Dilema ini memunculkan berbagai pertanyaan dalam benak saya yang saya, yang menurut saya ini tidak efisien. Kemudian selanjutnya saya konsultasikan ke Client, bagaimana jika menggunakan bahasa dan database yang lain, PHP + MySQL? Dan hasilnya Client setuju dengan usulan ini.

Pertimbangan menggunakan PHP + MySQL, antara lain :

  • Lebih ringan dibandingkan dengan JSP+Oracle,
  • Menimbang rencana untuk dipublish , sehingga bisa diakses secara online dimanapun. Ini sulit dilakukan jika menggunakan JSP+Oracle, kalaupun bisa akan memakan biaya yang tidak sedikit.
  • Bagi saya sendiri JSP adalah bahasa baru yang belum pernah saya pelajari, jadi jika tetap menggunakan JSP, maka akan membutukan waktu lagi untuk saya belajar.

Dari pengalaman ini saya mendapatkan pelajaran bahwa sebagai seorang programmer, saya tidak boleh hanya mementingkan diri sendiri, tapi juga harus melihat kemampuan dan resource (HW dan SW) yang ada di Client, jangan sampai sistem yang dibangun memberikan tambahan beban bagi Client(ex. Membeli HW or SW untuk implementasi sistem), kecuali memang sudah di rencakan dari semula. Kebanyakan yang saya temui adalah, yang penting kita menggunakan tools yang semudah mungkin tanpa peduli efisien atau tidak nantinya. Semoga ini menjadi pelajaran bagi kita semua…hehe🙂

Stop Global Warming!!!

Leave a Reply

